BERMAKMUM PADA IMAM FASIQ
Pertanyaan
Sahkah sholat seseorang yang bermakmum pada imam fasiq?
081234XXXXX
Jawaban
Seseorang yang sholat dengan bermakmum kepada imam fasiq hukumnya SAH namun MAKRUH sebagaimana dinyatakan oleh imam an-Nawawiy berikut:
المجموع شرح المهذب - (ج 4 / ص 253)
قال أصحابنا الصلاة وراء الفاسق صحيحة ليست محرمة لكنها مكروهة وكذا تكره وراءه المبتدع الذى لا يكفر ببدعته وتصح فان كفر ببدعته فقد قدمنا أنه لا تصح الصلاة وراءه كسائر الكفار ونص الشافعي في المختصر علي كراهة الصلاة خلف الفاسق والمبتدع فان فعلها صحت
Ashab kami (murid-murid imam Syafi’iy) mengatakan: sholat di belakang (bermakmum) kepada orang fasik hukumnya sah dan tidak pula diharamkan, hanya saja hukumnya makruh. Begitu juga makruh hukumnya sholat dibelakang (bermakmum) kepada pelaku bid’ah yang tidak sampai level kafir dan hukum sholatnya sah. Jika bid’ahnya sampai level kafir, maka -sebagaimana kami sebutkan di muka- sholatnya tidak sah sebagaimana kafir-kafir yang lain. Imam Syafi’iy menegaskan dalam kitab Mukhtashor (Mukhtashor Muzaniy) bahwasanya makruh hukumnya sholat dibelakang (bermakmum) kepada orang fasik dan pelaku bid’ah, kendatipun sholatnya sah. (Al-Majmu’ Syarh al-Muhadzzab, IV:253)
Argumentasi legal formal (dalil naqliy) mengenai keabasahan sholat dibelakang imam yang fasiq dijelaskan oleh imam al-Mawardi sebagai berikut:
الحاوي في فقه الشافعي - (ج 2 / ص 330)
وَرُوِيَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : صَلُّوا خَلْفَ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَرُوِيَ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ وَأَنَسًا ، صَلَّوْا خَلْفَ الْحَجَّاجِ ، وَكَفَى بِهِ فَاسِقًا ، وَلِأَنَّ كُلَّ مَنْ صَحَّ أَنْ يَكُونَ مَأْمُومًا صَحَّ أَنْ يَكُونَ إِمَامًا كَالْعَدْلِ .
Diriwayatkan dari Rosululloh SAW, beliau bersabda: “sholatlah kalian dibelakang orang yang mengucapkan ‘la ilaha illalloh’ (tiada tuhan selain Alloh. Diriwayatkan pula bahwa sahabat Ibnu Umar dan Anas sholat dibelakang al-Hajjaj padahal dia fasiq. Disamping itu, setiap orang yang sah menjadi makmum sah pula menjadi imam sebagaimana orang adil. (Al-Hawiy fi Fiqh al-Syafi’iy, II:330, versi Syamilah)
0 Komentar untuk "HUKUM BERMAKMUM PADA IMAM FASIQ"